Kepincut Program, Alasan Partai Buruh Gabung Gerbong Koalisi Rizal-Samuel Pongi

SIGI, Sararamedia.id - Ketua Partai Buruh Sulawesi Tengah, Luki, yang juga menjabat sebagai Ketua Serikat Buruh, Tani dan Nelayan Provinsi, menyatakan sikap tegas mendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sigi nomor urut 1, Mohamad Rizal Intjenae-Samuel Yansen Pongi (RESMI). Hal ini dipastikan dalam pertemuan di kediaman calon bupati, Rizal di Desa Kota Pulu, Kecamatan Dolo, Selasa (22/10/2024) pagi, dihadiri Cawabup, Samuel Pongi bersama Sekretaris Partai Buruh, Suryadi.

Luki mengungkapkan, bahwa dukungan ini diberikan karena pasangan Rizal-Samuel Pongi memiliki program yang sejalan dengan perjuangan buruh, tani, dan nelayan, khususnya dalam program Sigi Masagena Plus. Program tersebut mencakup upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kebijakan pro rakyat, termasuk penyediaan fasilitas bagi petani, irigasi air persawahan, hingga perlindungan hak-hak buruh di daerah Sigi.

``Program Sigi Masagena Plus dari Rizal-Samuel Pongi sangat relevan dengan visi kami dalam memperjuangkan hak dan kesejahteraan kaum buruh dan petani. Kami yakin di bawah kepemimpinan mereka, Sigi akan menjadi daerah yang lebih sejahtera dan adil bagi semua lapisan masyarakat,`` ujar Luki dalam keterangannya.

Sementara itu, Suryadi menambahkan bahwa keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan rekam jejak dan visi misi Rizal-Samuel Pongi yang dianggap mampu membawa pembangunan berkelanjutan yang telah dirintis Bupati Irwan Lapatta, khususnya di sektor ekonomi kerakyatan dan perlindungan sosial.

Pasangan Rizal Intjenae dan Samuel Yansen Pongi dikenal dengan visi mereka untuk mewujudkan Sigi Masagena menjadi Sigi Masagena Plus, sebuah program yang fokus pada pembangunan infrastruktur, peningkatan pelayanan kesehatan, pendidikan, serta kesejahteraan masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM dan komunitas di wilayah terpencil. Selain itu, mereka juga berkomitmen untuk lebih mempermantap program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 0 persen untuk para pengusaha kecil di Sigi, serta menyediakan sarana dan prasarana bagi petani dan nelayan untuk meningkatkan produktivitas.

Berikut 10 Program Unggulan Rizal-Samuel Pongi yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan :

1. Penguatan infrastruktur dan aksesibilitas : melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan dan irigasi, serta pembukaan akses di daerah terpencil untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah dan menggerakkan ekonomi lokal.

2. Akses air bersih, perumahan layak dan layanan publik : menyediakan layanan air bersih, sanitasi, serta listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu yang terdaftar dalam DTKS.

3. Seragam gratis dan peningkatan sarana pendidikan dan kesehatan : menyediakan seragam gratis untuk siswa baru dari keluarga kurang mampu serta meningkatkan sarana pendidikan dan kesehatan unggulan di setiap kecamatan.

4. Pengembangan sektor pertanian, peternakan, perikanan dan UMKM : memberikan bantuan bibit, pupuk dan alat mesin pertanian (ALSINTAN) serta menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 0?gi pelaku UMKM.

5. Infrastruktur hijau dan mitigasi bencana : membangun infrastruktur ramah lingkungan dan meningkatkan kesadaran serta mitigasi bencana di daerah rawan bencana.

6. Pengembangan SDM dan layanan beasiswa : meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan keterampilan serta memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi dan masyarakat kurang mampu.

7. Perlindungan sosial bagi petani dan masyarakat adat : menyediakan asuransi bagi petani, peternak, dan masyarakat adat, serta memberikan layanan kesehatan bagi keluarga kurang mampu.

8. Pengembangan pariwisata dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) : mengembangkan destinasi wisata lokal serta membangun Kebun Raya dan Ruang Terbuka Hijau di beberapa kawasan.

9. Penerapan teknologi dalam bisnis dan pemerintahan : mendorong digitalisasi pada sektor UMKM serta menerapkan e-government untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi pelayanan publik.

10. Peningkatan harmoni sosial dan partisipasi masyarakat : mengembangkan program "Sigi Religi" yang mencakup umroh gratis dan wisata religi, serta mendorong keterlibatan masyarakat dalam pembangunan daerah. (***)


Comment As:

Comment (0)