Kwarcab Gerakan Pramuka Sigi Laksanakan LP3K ke IV

SIGI, Sararamedia.id - Ratusan anggota kepramukaan di Kabupaten Sigi, mengikuti kegiatan Lomba Kreatifitas Pramuka Penggalang Penegak (LKP3) ke 4, tahun 2024 yang di laksanakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupten Sigi, bertempat di Bumi Perkemahan Ponpes Kabeloa Desa Pewunu, Kecamatan Dolo Barat, Jumat sore, (9/8/2024) waktu setempat.

LKP3 yang dilaksanakan dua tahun sekali itu, melibatkan tingkat gugus depan penggalng SD, Penggalang SMP dan Penegak. Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sigi Mohamad Rizal Intjenae, yang di wakili Sekretaris umum (Sekum) Pramuka, Tondi Lamakarate dalam membacakan amanah mengatakan, Gerakan pramuka adalah, suatu wadah pendidikan nonformal yaitu, pendidikan yang diselenggarakan di luar pendidikan sekolah dan diluar lingkungan keluarga. Namun pramuka itu sebagai penunjang atau pelengkap pendidikan yang dilakukan disekolah maupun didalam lingkungan keluarga, yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan

``Dan diarahkan kepada pencapaian tujuangerakan pramuka serta disesuiakan dengan perkembangan kejiwaan masing-masing golongan peserta didik yang berdasarkan pada prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan,`` terangnya.

Salah satu program ke Pramukaan, lanjut Ka Tondi, yaitu kegiatan Lomba Kreatifitas Pramuka Penggalang Penegak (LP3K) yang mana kegiatan ini, untuk menunjukan atau mengembangkan kemampuan anak untuk dapat ditampilkan dalam acara tersebut. 

Pelaksanaan LP3K ini, kata Ka Tondi, Kwarcab Gerakan PramukaKabupaten Sigi sudah yang kesekian kalinya melaksanakan dan telah menjadi agenda dalam menggali kemampuan dan kreatifitas anggota kepramukaan.

Sebelum pembukaan acara di iringi drum band dari SMP 2  Kecamatan Dolo Barat, yang juga di hadiri Perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga Sigi, Camat Dolo Barat, Para Kades dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. 

Sementara ketua panitia pelaksana LP3K, Anwar Syarifudin menyatakan, pendidikan kepramukaan dalam melaksanakan tugasnya, selalu memegang prinsip dasar dan metodik kepramukaan, untuk mencapai tujuannya perlu menyelenggarakan bentuk kegiatan yang kreatif, edukatif, sehat menarik, menantang, terarah, terencana yang dilaksanakan di alam terbuka.

``Pada pelaksanaan LP3K ke IV tahun 2024, Kwarcab Pramuka Sigi mengangkat tema, Pramuka Berprestasi Terampil dan Berkarakter Dalam Mengabdi Tampa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa, dengan memegang teguh Motto Gerakan Pramuka Satyaku Kudarmakan, Darma Kubaktikan``. tutur Anwar.

Lanjut Anwar, LP3K di selenggarakan dengan maksud untuk membina mengembangkan serta meningkatkan sikap dan ketakwaan spritual, emosional, sosial, intelektual, fisik serta merangsang minat anggota Gerakan Pramuka untuk senantiasa berprestasi.

Diketahui, sejumlah kegiatan yang dilombakan dalam LP3K diantaranya, pionering kreasi, Harsta Krya Kreasi, PBB Betongkat, Pelatihan Jurnalistik dan senam kreasi. (Hdy)


Comment As:

Comment (0)