Posilumba Japi Sigi di Mulai, Adu Kecepatan Sapi hingga Lihainya sang Pemandu

SIGI, Sararamedia.id - Lomba karapan sapi atau yang dalam bahasa Kaili disebut "Posilumba Japi" resmi digelar pada Minggu sore, (4/8/2024) waktu setempat.

Lomba tersebut berlangsung pada tanggal 4-18 Agustus 2024 di Arena Karapan Sapi kompleks Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taiganja Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru.

Tak hanya karapan sapi atau "Posilumba Japi", kontes ternak sapi juga diperlombakan di sini, dengan total hadiah Rp. 100 juta yang diperebutkan melalui berbagai kategori kelas.

Acara pembukaan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kadispora, Irvan Ariyanto, Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, perwakilan pimpinan TNI-Polri di wilayah itu, seluruh OPD yang terlibat.

Antusias penonton yang ingin menyaksikan kecepatan sapi hingga lihainya sang pemandu sapi turut meramaikan arena karapan yang berdekatan dengan sungai tersebut.

Kadispora Irvan Ariyanto menyampaikan, pemerintah provinsi berharap acara ini dapat menjadi ajang promosi budaya lokal dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor peternakan dan pariwisata. 

``Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan terus mendukung kegiatan seperti ini agar dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat utamanya bagi para peternak sapi,`` kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, menuturkan, lomba karapan sapi dan kontes ternak ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antarwarga serta mendorong peningkatan kualitas ternak di wilayah Kabupaten Sigi. 

``Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut meramaikan acara ini dan menjadikannya sebagai salah satu agenda tahunan yang dinanti-nantikan``. ujar Wabup.

Dengan begitu, lomba karapan sapi dan kontes ternak ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal serta menjaga dan melestarikan tradisi budaya yang telah turun temurun. (***)


Comment As:

Comment (0)