Re Aktivasi KIM di Sigi, Pemdes Diminta Manfaatkan Teknologi untuk Kesejahteraan Informasi di Masyarakat

SIGI, Sararamedia.id - Pemerintah Kabupaten Sigi telah baru saja menyelenggarakan kegiatan Re-Aktivasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), yang berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Kadis Kominfo Santik) Provinsi Sulawesi Tengah, Sudaryano A Lamangkona, yang juga bertindak sebagai narasumber.

Sudaryano memberikan banyak pencerahan terkait komunitas informasi mengenai digitalisasi desa, menekankan bahwa desa-desa tak hanya bergantung pada pemerintah saja, tetapi juga dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan dan informasi di masyarakat. 

``KIM kedepannya akan kita tugaskan untuk mengelola internet menuju desa digital,`` ujar Sudaryano, yang akrab disapa Ano dihadapan peserta yang hadir yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Sigi di Bora, Jumat sore, (26/7/2024) waktu setempat.

Beliau juga menyampaikan harapannya agar KIM di Kabupaten Sigi dapat menjadi model percontohan di Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Nuim Hayat, yang didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sigi, Samsir, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Nasyirah, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sigi, Moh. Ambar Mahmud. Acara ini juga dihadiri oleh para camat dan kepala desa dari berbagai wilayah di Kabupaten Sigi.

Dalam sambutannya, Nuim Hayat menyampaikan pentingnya peran KIM dalam menyebarluaskan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi masyarakat. Beliau menekankan bahwa keberadaan KIM sangat membantu pemerintah dalam menjembatani komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. 

``KIM harus mampu menjadi motor penggerak dalam penyebaran informasi yang benar dan mendidik,`` ujar Nuim Hayat.

Sudaryano A Lamangkona, dalam materi yang disampaikannya, menjelaskan strategi dan inovasi yang dapat dilakukan oleh KIM untuk lebih efektif dalam mengelola informasi. 
Beliau juga memberikan berbagai contoh kasus dan best practices yang dapat diadopsi oleh KIM di Kabupaten Sigi. 

``Digitalisasi desa adalah langkah penting untuk mencapai kemandirian informasi, dan KIM memiliki peran sentral dalam proses ini,`` kata Sudaryano.

Samsir, selaku Kadis Kominfo Kabupaten Sigi, mengapresiasi kehadiran semua pihak yang terlibat dan berharap bahwa dengan re-aktivasi KIM ini, komunikasi dan informasi di Kabupaten Sigi akan semakin baik. 

``Kami berharap KIM dapat berfungsi maksimal dan menjadi garda terdepan dalam penyebaran informasi yang benar dan positif,`` ujarnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi, di mana para camat dan kepala desa berkesempatan untuk menyampaikan pandangan serta usulan mereka terkait pengelolaan informasi di daerah masing-masing.

Dengan adanya re-aktivasi ini, diharapkan KIM di Kabupaten Sigi berperan aktif dalam membantu masyarakat mengakses informasi yang dibutuhkan, serta menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas informasi. (***)


Comment As:

Comment (0)