Menanti Janji Ahmad Ali Perbaiki Jalan Rusak Kulawi-Pipikoro

FOTO : Salah satu potret jalan penghubung Palu-Kulawi tepatnya di wilayah seputaran Sadaunta yang dilintasi rombongan Ahmad AliĀ  menuju Desa Oo Parese, Kecamatan Kulawi Selatan dalam gelaran Konser BerAmalĀ  beberapa waktu lalu. (Dok/Ist)

SIGI, Sararamedia.id - Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapatta, telah memberikan lampu hijau pasca pernyataan salah satu calon gubernur Sulteng yang mengatakan bahwa jika diizinkan oleh pemerintah daerah, pihaknya akan segera memperbaiki jalan rusak di Gimpu-Peana-Kalamanta seputaran wilayah Kecamatan Kulawi Selatan dan Pipikoro.

Adalah Ahmad Ali, selaku Cagub Sulteng 2024, menyampaikan hal ini di sela-sela Konser Musik BerAmal (Bersama Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri) yang digelar di dua wilayah di Kabupaten Sigi, yakni di Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, pada Rabu malam, 24 Juli 2024. Pernyataan Ahmad Ali tersebut juga berlanjut dalam konser musik BerAmal yang digelar di Desa O'o Parese, Kecamatan Kulawi Selatan, pada Kamis malam, 25 Juli 2024.

``Saya sudah menyiapkan alat berat pribadi saya, kalau pemerintah daerah Kabupaten Sigi memberikan izin dan restu, saya akan turunkan alat untuk bekerja, dan pekerjaan ini diawasi oleh PU (Dinas Pekerjaan Umum)," ungkap Ahmad Ali di hadapan warga Sigi yang hadir malam itu.

Ahmad Ali mengaku prihatin dengan kondisi infrastruktur, terutama kondisi jalan di beberapa wilayah Kabupaten Sigi. Hal ini diungkapkan Ahmad Ali setelah melintasi sejumlah jalan yang berlubang bahkan sulit dilalui saat menuju lokasi Konser BerAmal di Kulawi Selatan.

Sejumlah mobil rombongan Ahmad Ali kala itu bahkan sempat bermasalah usai melintasi sungai dengan arus deras. Namun tekad untuk menemui masyarakat membuat rombongan bakal calon gubernur itu tetap melintasi jalur tersebut.

``Tadi saya berfikir, betapa siksanya saya melewati jalan ini. Tapi kemudian pertanyaan saya, bagaimana dengan saudara-saudara saya yang tiap hari melewati jalan ini,`` kata Ahmad Ali.

Terkait hal ini, Sabrin (53), warga Kulawi, mengungkapkan harapannya bahwa apa yang disampaikan Ahmad Ali adalah benar dan dirinya berharap secepatnya terealisasi.

Hal senada juga diungkapkan para tukang ojek rute Bolapapu-Gimpu-Peana. Mereka yang sering melintasi jalan di wilayah itu mengeluhkan kondisi jalan yang rusak dan berlubang, serta longsor yang sering terjadi akibat cuaca tak menentu. Ditambah lagi, para tukang ojek disana sering melintasi derasnya arus sungai yang mengalir.

Komentar juga datang beragam postingan disalah satu grub facebook Forum Diskusi Terbuka Sigi.

``Pemerintah kab sigi mempersilahkan calon gubernur yg sdh berjanji mau membuka ruas jalan GIMPU-PEANA,`` tulis Netizen.

``Rupanya sdh ada lampu hijau dari pak bupati. Bagi yg kemarin berjanji silahkan dikerja, kami menunggu realisasinya????,`` tambah Netizen lainnya.

Dengan begitu, diharapkan janji perbaikan jalan rusak di wilayah Kulawi-Kulawi Selatan-Pipikoro bisa segera terakomodir sesuai pernyataan oleh anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem dua periode tersebut.

Berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Sigi, panjang ruas jalan Palu-Gimpu adalah 100 kilometer (km), Gimpu-Peana 32,40 km, dan Peana-Kalamanta 57,44 km. Ruas jalan Kalamanta (batas Sulawesi Selatan) tersebut sudah terhubung dari Kalamanta, Kabupaten Sigi, dengan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, pada masa kepemimpinan Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapatta, dan Paulina kurun waktu 2016-2021. (***)


Comment As:

Comment (0)