Ruas Jalan poros Palu-Kulawi Gawean Provinsi Masih Banyak yang Rusak

SIGI, Sararamedia.net - Ruas jalan poros provinsi Palu ke Kulawi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengalami kerusakan cukup parah.

Pantauan awak media dilapangan, pada Rabu (17/7/2024), menunjukkan bahwa dari sekitar 62 kilometer jalan Palu-Kulawi, hanya sekitar 10 kilometer yang mulus dengan aspal, itupun hanya pada titik-titik tertentu.

Selain mengalami kerusakan parah dan berlubang-lubang, jalan tersebut juga sebagian berlumpur, becek, sempit dan rawan amblas serta longsor.

Dikutip Deadlinenews.co, Faizal, warga Sigi, yang dimintai keterangannya menegaskan bahwa kerusakan ruas jalan poros Palu ke Kulawi hanya di daerah Kalukubula, Dolo yang agak mulus jalannya, selebihnya sudah hancur.

``Kerusakan ruas jalan Palu ke Kulawi itu selain karena faktor alam juga disebabkan oleh kurangnya perhatian pemerintah. Bayangkan, ruas jalan itu sudah lama rusak. Kalaupun ada perbaikan, hanya sepotong-sepotong,`` ujar Faizal.

Menurutnya, tahun lalu ruas jalan Palu ke Kulawi itu memakan korban. Tepatnya di desa Pakuli, seorang warga meninggal dunia saat jatuh akibat ban motornya masuk ke dalam lubang jalan poros tersebut.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga Sulteng, Asbudianto, yang dikonfirmasi via chat di WhatsApp pada Kamis (18/7/2024), mengakui banyaknya titik ruas jalan Palu-Kulawi yang rusak.

``Iya, memang masih banyak yang rusak sejak gempa mulai tahun 2022, tapi sudah ada penanganan khususnya di daerah-daerah yang sering longsor. Tahun ini ada juga di daerah Kalawara,`` aku Asbudianto.

Asbudianto mengatakan bahwa, penanganan ruas jalan Palu-Kulawi dilakukan secara bertahap.

``Jadi penanganannya belum sekaligus, tapi bertahap menyesuaikan anggaran yang tersedia`` ujar Asbudianto. (***)


Comment As:

Comment (0)